Senin, 13 Agustus 2012

Iklan Jual Beli Mobil Cepet Laku Di Internet, Ini Caranya ...

Cara beriklan di internet

Iklan merupakan faktor kunci dalam pemasaran. Sekedar menempatkan produk di pasar tidak menjamin pelanggan membelinya. Perusahaan harus membuat iklan agar produk akrab bagi pembeli. Perusahaan juga harus membuat iklan agar produk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Perusahaan harus memastikan bahwa harga yang dibayar adalah pantas untuk fitur-fitur yang mereka dapatkan dari produk yang mereka beli.

Evolusi Cara Beriklan di Indonesia

Masyarakat Indonesia secara resmi pertama kali mengenal surat kabar tahun 1859 dengan diterbitkannya surat kabar pertama Sumatra Courant di Kota Padang Sumatera Barat. Saat inilah promosi produk melalui iklan mulai dikenal dan berkembang di Indonesia.
Meskipun radio telah dimulai di Indonesia sejak tahun 1925 dengan dibangunnya Batavia Radio Society, cara beriklan dengan surat kabar masih tetap menjadi satu-satunya alternatif utama karena jangkauan radio yang sangat terbatas.
Cara beriklan di indonesia barulah mengalami sedikit evolusi ketika televisi swasta mulai berkembang di Indonesia yang ditandai dengan pemberian izin prinsip kepada RCTI pada 28 Oktober 1987 dan kepada SCTV di Surabaya pada tahun 1989 yang kemudian disusul stasiun-stasiun swasta lainnya. Iklan-iklan di TV cukup efektif mempengaruhi dan membentuk pola beli masyarakat.
Sejak awal tahun 1990an, masyarakat indonesia telah memulai media baru, yakni internet. Tetapi meski demikian, hingga mendekati tahun 2010an, penetrasi beriklan di internet masih belum kuat di Indonesia, para pemasang iklan masih terbatas pada pengusaha di bidang internet seperti toko online, usaha hosting, game online, software developer dan affiliate marketing. Padahal, di mancanegara, Rupert Murdoch, dedengkot media sudah mulai waswas dengan kelanjutan usahanya.

Revolusi Pemakai Internet di Indonesia

Sejak tahun 2008, perkembangan internet di Indonesia telah begitu marak sehingga pada tahun itu seperti dirilis detikinet Jumat 25 Januari 2008 diperkirakan pengguna internet di Indonesia akan menjadi 57,8 juta pengguna. Sementara Antara, Senin 6 September 2010 melaporkan bahwa Indonesia telah menjadi negara pengguna internet kelima terbesar di dunia setelah China yang berada di peringkat pertama (338 juta pengguna internet), Jepang (94 juta), India (81 juta), Korea Selatan (37,5 juta). Bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang diperkirakan 240,2 juta jiwa, pengguna internet telah mencapai 12,5 persen dari total populasi. Angka tersebut merupakan angka besar untuk segmen pasar marketing.

Trend internet Indonesia

Untuk mengetahui trend internet indonesia dapat dilihat dari data alexa. Dari data alexa diketahui 10 situs yang paling banyak dikunjungi peselancar internet indonesia adalah facebook, google.co.id, google.com, blogspot.com, yahoo, kaskus, youtube, word press, 4shared dan detik. Data tersebut menunjukkan bahwa meskipun facebook mendapatkan peringkat pertama, tetapi mesin pencari dan free blog hosting merupakan situs internet yang saling bersaingan dengan facebook yang kalau ditotal barangkali jumlahnya sangat jauh melebihi trafik internet ke facebook itu sendiri. Apalagi kalau ditotalkan blog-blog yang berdomain sendiri yang jumlahnya jutaan dengan alexa rank bervariasi, tetapi sangat banyak yang mencapai angka ribuan.

Cara beriklan di internet di Indonesia

Kalau kita melihat bahwa sebenarnya insan marketing di Indonesia telah mulai melirik internet sebagai salah satu cara beriklan. Namun, cara beriklan yang digunakan masih terfokus pada tiga cara yakni :
1. Berpindah dari trend offline ke online, yakni memfokuskan pada media. Kita bukannya mengatakan bahwa cara beriklan di internet dengan beriklan di media online salah, tetapi kalau melihat trend alexa sebagaimana di atas, media online terbesar pun dari segi ranking trafik internet di Indonesia masih berada di urutan terbawah.
2. Beriklan di facebook. Cara beriklan di internet melalui facebook bukannya salah, tetapi bahwa meskipun facebook mendapatkan rangking alexa tertinggi di Indonesia saat ini, ada sebaran variasi trafik ke situs-situs internet yang utamanya adalah blog yang tersebar di blogspot, wordpres dan hosting/domain sendiri yang kalau dihitung barangkali totalnya jauh lebih besar daripada facebook. Dan facebook sendiri memiliki beberapa kekurangan dalam cara beriklan di internet sebagaimana yang akan dijelaskan nanti.
3. Beriklan di google adsense / google adwords. Google adsense / google adwords telah menjadi pilihan bagi banyak pemasar sebagai salah satu pilihan cara beriklan di internet. Tetapi, kalau kita melihat, iklan-iklan google adwords hanya tampil pada halaman blog yang berbahasa Inggris, padahal materi iklan itu sendiri dibuat dengan menggunakan bahasa Indonesia dan ditujukan untuk segmen pasar internet Indonesia yang kurang menguasai bahasa Inggris. Oleh karenanya, dapat kita saksikan banyak blog-blog berbahasa Indonesia yang justru menjadi target kunjungan pengguna internet Indonesia yang tidak mau memasang/menggunakan google adsense / google adwords.

Blog sebagai salah satu trend internet

Sejak Justin Hall memulai Justin Links From The Underground yang dianggap blog pertama hadir di dunia, blog telah berkembang dan menjadi trend tersendiri di internet. Blogger.com yang dikelola Pyra.Lab yang kemudian diakuisi google pada akhir 2002 dan kemudian disusul oleh wordpress.com telah berhasil membentuk blogosphere dan menjadi salah satu media internet yang memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri.
Beberapa keunggulan blog adalah:
1. Blog telah tumbuh menjadi sumber informasi baru yang semakin populer. Tumbuhnya agregator di mana search engine telah menjadi semacam agregator utama menyebabkan pencarian informasi melalui blog menjadi mudah.
2. Sesuai dengan kapasitas pribadi pengelola blog, blog menjadi pilihan tepat bagi pengguna internet. Daripada menghabiskan waktu pada suatu berita yang disajikan oleh media yang belum tentu sesuai dengan apa yang ingin mereka cari di internet, pengguna internet dapat mengunjungi langsung blog dan mendapatkan keuntungan karena biasanya blog akan saling terkait dengan blog lain yang berhubungan. Karena dikelola secara pribadi, pengguna internet dapat mencari informasi penting yang tidak mungkin mereka temukan pada media lain.
3. Blog memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pengguna internet. Kekuatan blog yang terutama adalah karena banyak blog yang berisi pengalaman pribadi pengelolanya. Tentu saja, informasi ini akan lebih meyakinkan bagi pengguna internet.
Sebagai contoh:
1. Blog techno / komputer bukan saja menjadi sumber informasi bagi para pengguna internet dari masyarakat IT yang hampir sebagian besar harinya hanya dihabiskan di depan PC tanpa sempat menonton TV, membaca koran dan bahkan membaca berita di media online, tetapi juga sumber pertimbangan untuk pemilihan produk-produk techno, game, layanan IT dan sebagainya.
2. Blog gaul menjadi sumber pengaruh bagi pengguna internet terutama dari kalangan remaja.
3. Blog sport menjadi acuan bagi para pengguna internet dari kalangan penggemar olah raga utamanya dalam prediksi pertandingan dan pembelian peralatan dan aksesoris olah raga.
4. Blog politik telah ikut mempengaruhi pilihan masyarakat pengguna internet terutama terlihat dalam proses demokrasi akhir-akhir ini.
5. Blog gosip bukan hanya mempengaruhi pengguna internet tentang suatu hiburan atau pun idola, tetapi juga produk-produk life style dan kecantikan.
6. Blog bisnis telah menjadi pembuat gaya bisnis baru terutama yang bersangkutan dengan e-business dan e-work.
Semua kelebihan blog tersebut tentu tidak mungkin kita dapatkan jika hanya beriklan melalui facebook yang pada dasarnya hanya selaku dengan trend beriklan di media online.


sumber : ghobro.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar