Rabu, 19 September 2012

Agar Tak Rugi Saat Mencicil Mobil

Tanya:
Saya mau beli mobil dengan cara kredit, tapi saya masih punya hutang KPR tiap bulan 1,7jt. Tabungan cuma 25jt rencananya buat DP mobil. Gaji 9jt. Perkiraan harga mobil 90jt. Saya tidak punya hutang lain selain KPR. Bagaimana menurut bapak, apakah saya sanggup membeli mobil tersebut? Terimakasih.

Ari, Jakarta


Jawab:
Halo Ari,

Saat ini rasio pembayaran cicilan bulanan Anda adalah sebesar 19% terhadap total pendapatan bulanan. Rasio pembayaran cicilan hutang yang sehat adalah dibawah 35% terhadap total pendapatan. Jadi dengan kondisi seperti sekarang ini, untuk menjaga agar rasio pembayaran cicilan hutang tetap terjaga, maka tambahan hutang kredit pemilikan kendaraan harus di sekitar angka 1,5  juta per bulannya.

Untuk mencapai keseimbangan itu, dengan asumsi bunga flat sebesar 6% dan jangka waktu kredit selama 4 tahun, maka DP yang diperlukan adalah sekitar 30 juta. Namun tentunya ini belum termasuk biaya administrasi dan asuransi kendaraan selama masa kredit yang bisa berkisar di antara 5-10% dari harga mobilnya. Jadi paling tidak, dana yang harus disiapkan tidak kurang dari 40 juta untuk pembayaran pertama mobil tersebut.

Menurut saya, sebelum mengambil kredit pemilikan kendaraan, sebaiknya ditambah DP-nya sehingga dana yang tersedia bisa di sekitar angka 40 juta.

Punya pertanyaan masalah asmara, keuangan, fashion, atau kecantikan? Kirim pertanyaanmu ke tanyaahli@yahoo-inc.com


Sumber : yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar