Jumat, 21 September 2012

Boediono Buka Indonesia International Motor Show

foto


Wakil Presiden Boediono mengunjungi wisma Atlit PON XVIII 2012 di Rumbai, Pekanbaru. TEMPO/Tony Hartawan



Wakil Presiden Boediono membuka pameran otomotif terbesar se-Asia Pasifik, Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-20, Jumat, 21 September 2012. Menurut jadwal, pembukaan resmi dimulai pukul 9 pagi di Jakarta International Expo Kemayoran, tetapi sempat molor sekitar 15 menit.

Pameran otomotif ini sudah dibuka sejak Kamis, 20 September 2012, untuk undangan dan wartawan. Namun, karena Boediono harus menutup Pekan Olahraga Nasional di Pekanbaru, Riau, pembukaan resmi ditunda hari ini. Perhelatan otomotif rencananya dibuka untuk umum mulai jam 12 siang ini hingga Minggu, 30 September 2012. "Pameran ini digelar rutin sejak 1986, dan sudah menjadi pameran otomotif terpenting se-Asia Tenggara," kata Johnny Darmawan, Ketua Panitia IIMS 2012.

Pameran yang diikuti 310 peserta dari 35 agen tunggal pemegang merek (ATPM) ini mengusung misi eco-mobility untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Karena itu, berbagai konsep green car dan mobil hibrida kembali diusung. "Kami menyadari teknologi hijau semakin diperlukan dalam industri otomotif, bisa berperan mengurangi dampak yang ditimbulkan demi kelestarian bumi," kata Johnny.

Sejumlah ATPM berlomba memperkenalkan mobil berteknologi ramah lingkungan. Produk hasil kolaborasi PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor, yakni Agya dan Ayla, masih menjadi pusat perhatian dengan banyaknya para pengunjung di kedua booth anak usaha PT Astra International Tbk tersebut. "Pengenalan Astra Daihatsu Ayla ini merupakan jawaban dari keinginan pemerintah memproduksi low cost and green car (LCGC)," kata Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Sudirman M.R.

Selain Astra, produsen mobil terbesar di India, Tata Motors, juga memperkenalkan lima mobil berbahan bakar compressed natural gas (CNG) pada ajang IIMS kali ini serta berencana menyiapkan mobil konsep untuk program LCGC.

ARYANI KRISTANTI
Sumber : tempo.co

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar