Rabu, 12 September 2012

Diserang Banyak Citycar Tidak Membuat KIA Picanto Mati

Jakarta - Tidak hanya pasar MPV saja yang sedang menghangat di tanah air. Tahun 2012 ini juga ditandai dengan banyaknya pabrikan mobil yang menghadirkan citycar. Bagaimana nasib KIA Picanto?

"Saya pikir kami akan baik-baik saja, malah justru akan terus mengalami kenaikan penjualan. Karena semakin banyak citycar, bukan membuat Picanto mati, justru semakin membesarkan pasar disegmen citycar," ujar Hartanto Sukmono, Direktur Marketing KIA Mobil Indonesia.

Sepanjang tahun 2012 ini, KIA melaporkan sudah menjual KIA Picanto sebanyak 4.468 unit, berada di urutan kedua setelah Nissan March yang terjual sebanyak 5.825 unit. Sementara Suzuki Splash, Daihatsu Sirion, Chevrolet Spark dan juga pendatang baru Honda Brio, belum bisa berbicara banyak.

Sebagai gambaran, Hartanto memaparkan kondisi penjualan KIA Picanto tahun 2010 lalu, yang jumlahnya tidak melebihi angka 2.000 unit. Kemudian akhir 2010 itu juga, Nissan meluncurkan March.

Nah, sempat timbul kekhawatiran kalau kehadiran Nissan March bakal membuat penjualan KIA Picanto menurun, namun yang terjadi malah sebaliknya, penjualan KIA Picanto malah melesat sampai sekitar 4.000 unit lebih.

"Ternyata pasar citycar lah yang justru membesar, dan kondisi tersebut tidak merugikan kami," jelas Hartanto.

Sehingga wajar, kalau sampai saat ini, KIA Picanto masih jadi tulang punggung KMI. KIA Picanto menyumbang sebesar 60 persen dari penjualan KMI di Indonesia. 
 
 
Sumber: (mobil.otomotifnet.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar